PUPUK SLOW RELEASE

PUPUK SLOW RELEASE
Oke ges saya akan menjelaskan pupuk slow release itu,mungkin orang awam seperti kita ini pasti belum tahu iya ges,oke saya akan menjelaskan pupuk slow release ges.
Mungkin kalian belum tanu apa arti slow dan release itu..? Nah, saya akan terangkan slow dalam bahasa inggris slow yaitu perlahan sedangkan release yaitu lepas,ini juga merupakan dalam sauatu sistem yang mana pupuk slow release ini dapat menyatu dalam satu sistem.
Pupuk organik padat termasuk ke dalam pupuk slow release.Wah apakah maksudnya?         Begini, unsur hara yang terdapat dalam pupuk akan dilepaskan secara perlahan-lahan dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu sehingga unsur hara yang hilang akibat tercuci oleh pengairan akan lebih kecil. Itulah masud kenapa pupuk organik padat termasuk ke dalam pupuk slow release.     

              

Gambar di atas adalah contoh pupuk slow release yang telah jadi dari Pupuk.

Mau tahu bagaiman pelepasan unsur hara pupuk kimia ? Ternyata pupuk kimia biasanya melepaskan unsur hara dengan sistem coated atau binder. Sistem coated itu unsur haranya akan dilepas setelah bahan pembungkus pupuk retak atau terkoyak. Sementara sistem binder unsur haranya akan dilepaskan sesuai dengan ketersediaan sistem binder unsur haranya akan dilepaskan sesuai dengan ketersediaan air di lahan karena pupuk jenis ini mengandung bahan pengikat sehingga diperlukan air untuk melepaskan pengikat ini.Lahan dengan kandungan air yang tinggi unsur haranya akan lebih cepat dan banyak dikeluarkan.Sebenarnya kedua sistem tersebut dinamakan sistem penyerapan oleh air.Jadi,unsur hara akan dilepas dengan bantuan air.
Pelepasan unsur hara akan lebih cepat dan lebih baik jika kondisi biologi tanah lebih baik. Di dalam tanah terdapat organisme  atau jasad renik seperti bakteri,jamur,algae,protozoa, dan nematoda ( jenis cacing )
Itulah artikel saya tentang pupuk slow release,semoga artikel saya bisa memberikan penjelasan tentang pupu slow release


 

Comments

Popular posts from this blog

dunia tumbuhan hijau

MANFAAT PUPUK ORGANIK